Tips Mencegah Penyakit Kista Ovarium

Tips Mencegah Penyakit Kista Ovarium,- Perempuan mudah sekali terserang gangguan kesehatan, oleh sebab itu harus berhati-hati dengan berbagai jenis penyakit. Kista ovarium adalah salah satu penyakit yang sering ditakuti oleh perempuan. Penyakit ini dapat mengahambat kesuburan bila sudah menyerang ovarium sebab ovarium hal yang penting dalam reproduksi dan kesuburan wanita. Maka dari itu, banyak cara mencegah penyakit kista ovarium sejak dini.

Tips Mencegah Penyakit Kista Ovarium

1.Mengurangi estrogen dalam tubuh.

Kelebihan estrogen merupakan salah satu penyebab utama yang dapat menyebabkan ketidak seimbangan hormon yang kemudian menyebabkan ovulasi tidak teratur. Tips menurangi hormon estrogen dalam tubuh dengan cara konsumsi daging organik, berhenti mengkonsumsi makanan berbahan dasar kedelai, jangan minum air dari botol plastik, dan hindari produk perawatan kulit yang mengandung minyak.

2.Mengurangi makanan tinggi lemak

Pasokan lemak berlebihan bisa mengakibatkan gangguan pada hormon dan juga meningkatkan hormon cotisol. Hormon inilah yang merangsang terjadinya stres. Kondisi ini dapat memicu serangan kista. Dengan begitu sangat penting untuk menghindari konsumsi makanan berlemak tinggi.

3.Konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayur kaya akan kandungan mineral dan vitamin. Sehingga bermanfaat dalam meningkatkan stamina tubuh, menetralkan berbagai bahan kimia yang memasuki tubuh.

4.Mengatur asupan daging

Atur porsi asupan daging, bukan berati membatasi asupan daging, tapi mengkonsumsinya lebih sering dalam porsi kecil. Hal ini yang penting untuk diperhatikan adalah makanlah menu daging secara perlahan-lahan. Aktivitas ini penting untuk menghindari proses pencernaan daging dalam jumlah banyak dan tepat. Kondisi tersebut cenderung memicu produksi homon yang justru menghambat proses pemulihan.

5.Mengkonsumsi makanan kaya antioksidan

Makanan yang mengandung antioksidan sangat ampuh dalam menangkal serangan radikal berbahaya. Paparan radikal bebas ini bisa datang dari berbagai bahan kimia berbahaya, debu, polusi dan sebagainya.

6.Menerapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat sangat penting dijalankan, sehingga dapat mencegah serangan berbagai penyakut salah satunya adalah penyakit kista. Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, menghindari kebiasaan merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, jangan bergadang, tidur dengan cukup dan jangan lupa olahraga teratur.

7.Mengetahui riwayat kista

Sangat penting mengetahui riwayat penyakit keluarga, untuk memastikan adalak anggota keluarga yang menderita kista. Sebab penyakit ini bersifat genetik atau bisa diturunkan. Jikalau mempunyai riwayat keluarga yang mengidap kista, berarti peluangnya semakin besar terserang penyakit ini. Tapi kalau menerapkan pola hidup yang sehat, kemungkinan serangan kista bisa dicegah.

8.Jangan tunda kehamilan

Sesudah menikah sangat disarankan tidak menunda kehamilan, sebab dengan segera memiliki buah hari bisa menjadi cara pencegahan terhadap serangan kista. Pembentukan kista memang diakibatkan oleh aktivitas hormon dan frekuensi menstruasi.

9.Menjaga kebersihan organ intim

Infeksi mikroorganisme bisa mengakibatkan gangguan pada organ intim dan memicu serangan kista. Oleh sebab itu, sangat penting untukĀ  selalu menjaga kesehatan & kebersihan organ intim.

10.Melakukan pemeriksaan medis

Pemeriksaan ini berguna untuk mengetahui adanya pembesaran ovarium, pemeriksaan bisa juga dengan pemeriksaan klinis genekologik untuk mendeteksi adanya kista atau pembesaran ovarium lainnya, pemeriksaan ulrasonografi (USG) dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *