Pentingnya Konsumsi Sayuran Hijau

Pentingnya Konsumsi Sayuran Hijau

pentingnya mengkonsumsi sayuran hijau

Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral. Beberapa vitamin penting yang terkandung di dalamnya  seperti vitamin A yang berasal dari karoten berguna untuk kesehatan mata. Mineral berfungsi untuk menjaga haemoglobin darah, sayuran juga merupakan sumber serat yang sangat dibutuhkan bagi pencernaan.

Kurang mengkonsumsi sayuran, baik sayuran berwarna hijau, kuning, merah dan ungu dapat mengakibatkan kekurangan salah satu atau lebih vitamin dan mineral penting yang terkandung di dalamnya sehingga berdampak pada kesehatan. Menyebabkan terganggunya kesehatan mata, munculnya gejala anemia seperti lesu. letih, lelah dan kurang berkonstrasi akibat menurnnya sel darah merah. Selain itu berpotensi mengalami susah buang air besar, sembelit dan daya tahan tubuhnya menurun.

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang pentingnya konsumsi sayuran hijau. Semakin nyata warna hijau, makin tinggi pula kandungan nutrisinya. Banyak keuntungan jika rajin mengkonsumsi sayuran hijau , diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Dalam sayuran , terdapat vitamin yang bekerja sebagai antioksidan dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas dan mampu melindungi tubuh dari rekasi oksidatif yang menghasilkan racun di tubuh.
  • Sayuran sebagai sumber serat yang bebas lemak juga cocok banget masuk ke dalam menu diet yang sehat.
  • Semua sayuran hijau mengandung kalori kurang dari 25 porsi, bila di konsumsi tanpa tambahan lainnya. Konsumsi seporsi sayura hijau dapat menghasilkan kenyang yang sama dengan setangkup roti gandum.
  • Sayuran kaya akan betakaroten dan lutein yang terbungkus dalam kantong pigmen hijau daun (klorofil). Bila di dalam tubuh terdapat benih kanker, maka benih kanker tersbut akan memilih sel lemah, sehingga sel tersebut mudah dilumpuhkan.
  • Serat kasar yang terkandung pada sayuran tidak dapat terurai oleh sistem pencernaan dan berfungsi sebagai karet busa di dalam usus. Dia akan menyerap zat buangan dan membantu gerakan peristaltik usus untuk mendorong sisa makanan ke luar tubuh.
  • Selain konsentrasi lemak dalam darah bisa terjaga, sayuran hijau menjaga kita terhindar dari berbagai penyakit akibat gangguan pada pembuluh darah seperti hipertensi, diabetes, stroke, jantung koroner dan katarak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *