Macam-Macam Sayuran Hijau

Macam-Macam Sayuran Hijau,- Sayuran hijau mempunyai serat yang dibutuhkan tubuh untuk kelancaran dari proses pencernaan. Serat ini pun mempunyai manfaat lainnya yang penting, bisa mengikat bagian kolesterol jahat yang terdapat di saluran pencernaan, yang mana bakal membuat kolesterol tersebut tidak akan diserap lagi oleh tubuh manusia.

ketahui macam-macam sayuran hijau

Macam-Macam Sayuran Hijau
1.Brokoli

Brokoli dikenal sebagai sub-tropis yang termasuk anggota keluarga kubis-kubisan. Ternyata brokoli & anggota kubis-kubisan lainnya dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar & kanker pencernaan.

2.Paprika

Cabai yang berbentuk lonceng ini berasal dari daerah tropis Amerika, dikenal dengan nama paprika. Paprika dikenal denga zat capsanthin yang memberikan rasa manis pada kulitnya yang tebal.

Karena mengandung Provitamin A yang di dalam tubuh dikonversi menjadi vitamin A, tubuh lebih tahan terhadap udara dingin & infeksi hidung, infeksi tenggorokan & sinusitis. Selain itu paprika pun mengandung vitamin C yang sebanding dengan kandungan vitamin C pada jeruk.

3.Seledri

Seledri termasuk famili Umbeliflorae. Sayuran yang dikenal rendah kalori & serat kasar ini juga merupakan sumber vitamin A, B, & C, terutama pada batangnya. Kandungan mineralnya juga cukup banyak. fungsi lainnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

4.Bayam

Bayam dikenal sebagai zat besi yang baik, di mana yang sangat penting untuk membentuk sel darah merah atau hemoglobin & mengedarkan oksigen keseluruh tubuh. Bayam serta mengandung vitamin C yang cukup tinggi, vitamin B kompleks seperti vitamin B6 , thiamin, riboflavin, folat (membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin, apabila dikonsumsi oleh ibu hamil), & niacin.

5.Sawi

Sawi mempunyai banyak kandungan vitamin & mineral. Ia diketahui memiliki kemampuan antioksidan sebab kandungan vitamin C & E, pula karoten & glukosinolatnya. Sawi serta mengandung kalsium, magnesium, & asam folat yg mampu membnatu menyehatkan tulang, juga tinggi serat utk mempermudah melancarkan pencernaan tubuh. Sawi pun dapat mencegah peradangan & berbagai jenis kanker.

6.Kankung

Kankung mengandung banyak zat gizi seperti vitamin A, vitamin C yang terkandung pada kangkung juga cukup tinggi meski tak sebanyak bayam & daun singkong. Mineral yang terkandung pada kangkung meliputi kalsium, fosfor, & kalium. Vitamin B kompleks pada kangkung dapat membantu meningkatkan hormon yang menciptakan suasana nyaman. Tidak Cuma itu, ekstrak kangkung juga ditemukan dapat membantu penghambatan penyerapan gula sehingga cocok untuk yang menderita diabetes.

7.Timun

Timun merupakan salah satu sayuran yang kaya vitamin C (antioksidan), mangan, folat (mengurangi risiko penyakit jantung & depresi), serat , magnesium, klorofil serta lutein. Timun juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Tingginya kadar air pada mentimun dapat menyegarkan tubuh.

8.Peria

Peria atau yang lebih dikenal sebagai pare tinggi akan serat, kalsium, kalium, zat besi serta vitamin C & vitamin A. Manfaat dari peria amat sangat yaitu menurunkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol serta menurunkan tekanan darah. Komponen aktifnya (saponin) juga dapat meningkatkan imunitas tubuh & mencegah pertumbuhan sel kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *