Hal-Hal Yang Mempengaruhi Kesehatan Organ Kewanitaan

Hal-Hal Yang Mempengaruhi Kesehatan Organ Kewanitaan,- Salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi wanita namun jarang diperhatikan ialah organ kewanitaan. Namun pada saat organ kewanitaan mengalami masalah seperti gatal, aroma yang tak sedap atau keputihan, barulah seorang wanita akan mengeluh. Berbagai hal yang dapat mempengaruhi kesehatan organ kewanitaan. Beberapa diantaranya dapat dicegah namun sebagian lagi tidak dapat di cegah atau bahkan dihindari.

Hal-Hal Yang Mempengaruhi Kesehatan Organ Kewanitaan

-Perilaku seks yang agresif, seperti pemakasaan atau seks dengan kekerasan dapat menyebabkan cedera pada vagina.
-kesehatan. Diabetes, gangguan autoimun dapat menyebabkan  kekeringan pada vagina.
-Penggunaan kontrasepsi. Spermisida & Nuvaring (ring vagina) dapat menyebabkan iritasi.
-Kehamilan& persalinan. Selama kehamilan, proses menstruasi tidak terjadi sampai selewat masa nifas dan selama kehamilan, lender vagina akan meningkat. Pada proses persalinan dapat terjadi robekan pada vagina baik sebagai akibat lewatnya bayi ataupun kareba tindakan memperlebar jalan lahir (episiotomy / insisi pada vagina) yang dibuat oleh dokter untuk mempermudah proses persalinan. Sementara itu, proses persalinan tersebut juga dapat menyebabkan berkurangnya tonus otot dinding vagina.
-Masalah psikis. Kecemasan & depresi yang dialami seorang wanita berperan besar pada rendahnya gairah seksual dan hal tersebut akann berlanjut pada ketidaknyamanan bahkan rasa sakit ketika berhubungan seks.
-Usia. Faktor usis berperan penting pada kondisi vagina. Pada usia menopause (berhenti menstruasi), vagina akan mengalami penurunan elastis.
-Faktor hormonal. Perubahan pada kadar hormon dalam tubuh dapa mempengaruhi kondisi vagina. Misalkan pada kondisi penurunan hormon estrogen yang terjadi pada kondisi : menopause , sesudah persalinan, selama proses laktasi. Penurunan kadar estrogen dapat mengakibatkan penipisan dinding vagina yang menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan timbul nyeri ketika berhubungan seksual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *