Fungsi Dan Manfaat Antioksidan

Fungsi Dan Manfaat Antioksidan,- Semua orang pasti selalu ingin sehat. Tubuh yang tetap fit dan sehat akan menunjang kelancaran segala aktivitas sehari-hari. Salah satu substansi penting untuk menjaga kesehatan tubuh adalah antioksidan. Antioksidan dapat diperoleh melalui makanan yang kita makan sehari-hari. Antioksidan merupakan molekul yang memiliki kemampuan mencegah atau mengurangi kemungkinan proses oksidasi di berbagai bagian tubuh. Oksidasi membuat elektron menjadi agen oksidator sehingga menghasilkan radikal bebas yang memulai reaski berantai yang merusak sel-sel tubuh sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan organ.

Sumber terbaik antioksidan berasal dari makanan. Makanan yang mengandung antioksidan ialah wortel, sayuran berdaun hijau, kubis, jagung, kedelai, bawang putih, kacang merah, delima, buah kiwi, blueberry, apel, tomat, jeruk dan sebagainya. Sejumlah vitamin, mineral dan senyawa dalam makanan memiliki sifat antioksidan. Vitamin A, C dan E adalah yang paling terkenal seperti beta karoten, lycopene, dan selenium.

fungsi Dan Manfaat Antioksidan

1.Menangkal radikal bebas

Radikal bebas merupakan salah satu virus yang sapat membuat kerusakan pada sel-sel dalam tubuh yang menjadi salah satu faktor penyebab kanker. Kerusakan sel tidak hanya menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, melainkan juga dapat memberikan efek di kulit, wajah dan berbagai bagian lainnya.

Radikal bebas sangat berbahaya tidak hanya dapat kerusakan sel kronis yang menjadi sumber penyakit mematikan. Radikal bebas juga merusak struktur tubuh sebab mempengaruhi sel sehat dalam tubuh.

2.Mencegah berbagai penyakit

Antioksidan bermanfaat bagi kesehatan dengan membersihkan radikal bebas pada aliran darah. Meskipun antioksidan belum terbukti untuk mengobati penyakit papun, namun penelitian menunjukan bahwa antioksidan juga telah terlihat dalam pencegahan sejumlah penyakit degeneratif dan penyakit yang berkaitan dengan usia seperti kanker, penyakit kardiovaskular, gangguan kognitif, disfungsi kekebalan tubuh, katarak, alzheimer dan sebagainya.

3.Mencegah penuaan dini

Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa antioksidan , dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini dengan meminimalkan keriput dan menjaga tekstur kulit, bahkan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan matahari.

4.Mencegah kerusakan sel

Antioksidan memiliki peran penting dalam menjaga supaya sel dalam tubuh sehat dan tidak menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh. Kerusakan sel dapat mematikan , mulai menjadi penyebab penyakit berbahaya hingga untuk masalah luar tubuh.

5.Baik untuk kesehatan kulit

Antioksidan membantu kulit membuang radikal bebas dan bakteri yang disebabkan oleh polusi dan sengatan matahari.

Posted on Categories Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *