Faktor Penyebab Wanita Sulit Hamil

Faktor Penyebab Wanita Sulit Hamil,- Berencana untuk memiliki anak, tetapi susah mendapati kehamilan? kemungkinan ada masalah dengan kesuburan pasangan. Kehamilan bukan cuma dipengaruhi oleh hal kesuburan saja, namun sekian banyak gaya hidup mampu menghambat kehamilan. Tanda umum wanita susah hamil merupakan musim menstruasi yang abnormal atau tidak rutin masalah ovulasi. Periode menstruasi yang banormal contohnya menstruasi tak teratur. Jika tak terjadi setiap bulan, ada indikasi adanya ketidakseimbangan hormon. Menstruasi yang tak berlangsung tiap-tiap bln itu artinya ovulasi (pembentukan sel telur) pun tak berlangsung setiap bulan atau dalam istilah medis disebut dengan Anovulasi.

Faktor Penyebab Wanita Sulit Hamil

1.Gangguan kesehatan

Beberapa kesukaran kesehatan bisa menyebabkan susahnya terjadi kehamilan. Gangguan kesehatan tersebut diantaranya penyumbatan tuba falopi, Polycystic ovary syndrom & Endometriosis. Penyumbatan tuba falopigangguan ini bisa membuat sperma susah menjangkau ovum. Polycystic ovary syndrom, seringnya terjadi sebab adanya kista di ovarium, tak terjadi ovulasi (pembentukan sel telur), atau ovarium memproduksi hormon testeron dalam jumlah tinggi. Endometriosis , berlangsung kepada kurang lebih 10%-15% wanita subur umur 25-44 tahun di mana gangguan ini menyebabkan masalah pada saluran yang dilalui sel telur ke rahim.

2.Implantation

Pada keadaan ini spermas sebenarnya telah berhasil membuahi sel telur. Sesudah berhasil dibuahi, sel telur normalnya menempel pada dinding rahim tetapi pada keadaan ini justru hilang pada menstruasi selanjutnya.

3.Usia

Tidak Hanya menurunkan kesempatan hamil, kehamilan di usia 35 thn ke atas pula beresiko terhadap keselamatan ibu & janin. Walaupun begitu, wawasan yang baik & konsultasi kepada dokter bakal membentuk menambahkan kesempatan hamil pada wanita yg berusia.

4.Kualitas sperma

Kualitas & kuantitas sperma amat mempengaruhi keberhasilan pembuahan. Untuk dapat membuahi diperlukan sperma dalam kadar tertentu. Sperma banyak juga mesti diimbangi dengan kualitas yang bagus, merupakan harus mempunyai bentuk sempurna dna mobilitan bagus.

5.Terlalu menunda kehamilan

Menunda kehamilan tak selamanya yakni solusi yang cocok kala anda sedang sibuk mengejar karier atau sedang menempuh pendidikan lanjutann yang tentu saja menyita saat anda. Umur 30tahun ke atas yaitu umur yang mulai rawan bagi wanita yang belum hamil. Pada umur tersebut biasanya wanita cenderung bakal lebih sulit hamil dibanding saat mereka masih berumur 20 an.

Jumlah produksi sel telur perempuan bakal makin menyusut seiring dengan bertambahnya umur. Apalagi kualitas sel telur pun bakal mengalami penurunan yang signifikan dibanding dengan kualitas sel telur pada perempuan yang lebih muda.

6.Gaya hidup tak sehat

Gaya hidup tak sehat bakal mempengaruhi kesburuan anda, terutama bagi wanita yang terbiasa merokok, minum-minuman yang beralkohol. Sebaiknya kurangi & hindari kebiasaan tidak baik tersebut. Mulailah mengonsumsi makanan sehat. Tidak Hanya itu, olahraga agar badan jadi bugar & fit & semoga dengan keadaan badan yg bugar & fit anda bisa segera hamil sesuai dengan keinginan anda. Tapi olahraga berlebihan justru membuat anda susah hamil. Lemak tubuh yang membantu memproduksi estrogen yang memacu ovulasi dapat terkikis apabila anda olahraga berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *