Faktor Penyebab Gangguan Menstruasi

Menstruasi adalah suatu siklus bulanan yang terjadi pada perempuan yang jadi suatu tanda telah berfungsinya reproduksi perempuan. Peristiwa ini ialah peristiwa pelepasan sel telur pada dinding rahim yang tak dibuahi maka meluruh berupa darah.

Pada perempuan menstruasi ini terjadi lantaran dipengaruhi oleh beberapa hormon yaitu hormon FSH , LH, progesteron & hormon estrogen. Siklus menstruasi yang dialami oleh perempuan setidaknya berlangsung satu kali dalam sebulan selama 7 hingga 10 hari. Dan siklus menstruasi ini dapat dimulai disaat perempuan telah menginjal masa remaja atau puber yang berkisar antara 14-17 tahun.

Siklus menstruasi yang dialami perempuan tak semuanya mulus. Ada banyak perempuan yang masih mengalami suatu gangguan menstruasi seperti menstruasi yang sering telat, siklus menstruasi yang tak teratur dan sebagainya.

Gangguan menstruasi yang dialami perempuan dapat dianggap wajar apabila perempuan mengalami gangguan 1-2 kali dalam setahun. Menstruasi juga dapat tak teratur dalam beberapa bulan atau tahun sesudah menstruasi pertama. Hal ini karena hormon-hormin yang menyebabkan menstruasi membutuhkan waktu untuk mencapai keseimbangan.

Faktor Penyebab Gangguan Menstruasi

1.Gaya hidup

Gaya hidup tertentu akan mengakibatkan perempuan mengalami siklus menstruasi yang tak teratur. Misalnya bila perempuan sering mengkonsumsi alkohol, kafein, sering merokok dsb.

2.Stres

Stres juga dapat jadi penyebab siklus mentruasi perempuan jadi terganggu. Stres akan menyumbang terganggunya siklus menstruasi bulanan perempuan. Bahkan ada perempuan tak mengalami menstruasi sampai 2 bulan lamanya.

3.Keadaan kesehatan

Keadaan kesehatan perempuan juga dapat jadi penyebabnya. Seperti ketidakseimbangan hormon androgen, kegagalan ovarium prematur, gangguan tiroid, kelainan rahim pula sindrom ovarium pilikistik akan jadi penyumbang gangguan menstruasi pada perempuan.

 | Faktor Penyebab Gangguan Menstruasi

 

Posted on Categories Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *